seputar cat epoxy lantai

Penggunaan cat epoxy lantai memiliki fungsi utama untuk melapisi lantai agar lebih tahan lama dan terlihat indah. Umumnya penggunaan jenis catnya disesuaikan dengan fungsi dan kegunaan ruangan tersebut. Hanya saja, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal diperlukan persiapan yang baik pada permukaan lantai yang akan diaplikasikan pengecatan epoxy lantai.

Untuk mendapatkan hasil pengecetan yang maksimal, sebaiknya Anda memahami beberapa point penting di bawah ini, yaitu :

1.Persiapan permukaan adalah bagian terpenting

Persiapan merupakan ha paling mendasar dan paling penting dalam pengerjaan pengecatan epoxy lantai. Hal tersebut dikarenakan a persiapan sebelum menerapkan cat epoxy lantai tidak baik, maka hasilnya pun akan kurang baik bahkan gagal. Kebanyakan penyebab hasil yng kurang baik bahkan kegagalan disebabkan oleh penguapan. Penguapan yang terjadi dapat menimbulkan daya rekat menjadi berkurang. Oleh karena itu, proses persiapan tersebut harus diperhatikan dengan baik dan benar untuk meminimalisir risiko kerusakan dan untuk mendapatkan hasil maksimal.

2.Epoxy lantai bisa mempercantik

Perlu diketahui bahwa cat epoxy lantai memiliki beragamĀ  warna, corak, dan efek yang dapat dipilih sesuai dengan selera dan keinginan. Tidak hanya itu, epoxy lantai ini juga bisa diaplikasikan dengan desain 3D.

3.Cat epoxy lantai bisa dikombinasikan dengan produk lain

Cat epoxy lantai cocok juga jika dikombinasikan dengan produk-produk tambahan lainnya, seperti produk anti slip dengan tambahan butiran kuarsa

4.Cat epoxy lantai dapat diaplikasikan pada outdoor maupun indoor

Cat epoxy lantai juga bisa diaplikasikan pada permukaan lantai outdoor maupun indoor. Hanya saja, Anda tidak disarankan untuk mengaplikasikan cat epoxy lantai ini pada outdoor daripada indoor.

5.Epoxy lantai bisa lebih cepat kering

Cat epoxy lantai umumnya butuh 18 hingga 24 jam untuk bisa dilalui orang dan butuh 30 hari untuk cat epoxy lantai bisa mengeras secara sempurna. Untuk menghindari proses pengeringan lantai yang agak lama dan mencegah terjadinya kerusakan, sebaiknya suhu di lokasi pengecatan epoxy lantai adalah di atas 15 derajat Celsius atau Anda juga bisa menggunakan hairdryer, dengan menghangatkan cat epoxy lantai sebelum mencampur atau menghangatkan cat epoxy lantai setelah dioleskan. Cara lainnya, Anda juga bisa menghangatkan permukaan yang akan Anda gunakan untuk pengecatan epoxy lantai.

6.Hindari produk cat epoxy lantai murahan

Cat epoxy lantai murahan dan tidak berkualitas sangat merugikan jika digunakan. Pasalnya, cat seperti ini biasanya hanya mengandung 30% sampai 40% kandungan solid. Hal ini akan menyebabkan ketebalan dan daya tahan yang akan didapatkan dari cat epoxy lantai ketika mongering hanya 40% saja. Oleh karena itu, gunakanlah cat epoxy lantai berkualitas dan mengandung solid mulai 90% hingga 100% agar Anda bisa mendapatkan ketebalan dan daya tahan yang baik terhadap permukaan lantai Anda.

7.Hati-hati dengan ultra violet

Salah satu kelemahan terbesar dari cat epoxy lantai adalah warnanya yang akan cepat menguning jika terpapar sinar matahari terus menerus. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, pastikan Anda hanya menggunakan epoxy lantai dengan corak warna gelap atau menggunakan lapisan cat epoxy lantai yang memiliki daya tahan yang cukup baik terhadap ultra violet.

Demikianlah informasi seputar beberapa hal cat epoxy lantai yang perlu Anda ketahui. Untuk memudahkan pengerjaan Anda, sebaiknya Anda menggunakan jasa epoxy lantai terpercaya atau kontraktor epoxy lantai yang sudah sangat banyak bermunculan saat ini. Salah satu jadri layanan jasa tersebut yang terpercaya adalah jasa epoxy lantai dari epoxylantai.web.id.

Filed under: Artikel

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!